LANGKAH 6 : BERBICARA MENYENANGKAN
CIPTAKAN CARA BERBICARA MEMIKAT DAN BERPENGARUH
Kebanyakan orang merasa kesulitan untuk cepat akrab dengan orang yang belum dikenal dekat. Padahal, hal ini menjadi kunci utama sebuah keberhasilan hubungan. Interaksi tidak akan berlanjut jika kita tidak mampu mengakrabkan diri dengan daya pikat kita. Jika interaksi tidak berlanjut, maka keuntungan apa yang akan kita dapatkan?
Orang berinteraksi dengan orang lain itu dibuka dengan senyuman dan dilanjutkan dengan pembicaraan. Jika kita sudah tampil dengan senyuman paling baik namun tidak mampu berbicara secara memikat dan berpengaruh, maka keberlangsungan hubungan tidak akan terjalin.
Kemampuan berinteraksi secara serasi dan harmonis, menunjukkan suatu kecerdasan emosional yang tinggi. Di kantor, di sekolah, di mana saja yang mengharuskan kita terlibat dengan orang lain, selalu muncul masalah interaksi dengan orang lain.
Kemampuan dasar yang harus dimiliki agar disukai orang lain terdiri dari kemampuan dasar bergaul, kemampuan dasar berdialog dan kemampuan dasar menghindari hal-hal yang merusak komunikasi. Kemampuan dasar bergaul terdiri atas murah senyum, ramah dan simpatik, suka memberi, gemar silaturahmi dan bersedia melayani.
Sementara itu, kemampuan dasar berdialog terdiri atas kemampuan mendengarkan dengan baik, menyampaikan ide dan pikiran dengan bahasa yang sederhana, yaitu dengan memudahkan masalah yang sulit dengan bahasa yang ringan, menggunakan kisah sebagai bahan cerita, menggunakan bahasa yang sesuai dengan lawan bicara, memilih situasi dan kondisi yang tepat, dan menarik kepercayaan orang lain.
Untuk kemampuan dasar menghindari hal-hal yang merusak komunikasi terdiri atas menjauhi tema-tema yang kurang diterima, emosional, debat kusir, menghina dan merendahkan orang lain, dan menghindari mengumbar aib orang lain.
Sebagian kecil dari kita bisa menjadi orang yang menyenangkan, disukai dalam pergaulan, tapi sebagian lainnya cenderung pasif atau apatis. Bagi orang-orang normal, mereka yang mampu mengatasi kesulitan bergaul itu menunjukkan adanya peningkatan karier, kekayaan materi, dan kesejahteraan yang lebih cepat, dibandingkan mereka yang terjebak dalam kebuntuan komunikasi.
Sebagian kecil dari kita bisa menjadi orang yang menyenangkan, disukai dalam pergaulan, tapi sebagian lainnya cenderung pasif atau apatis. Bagi orang-orang normal, mereka yang mampu mengatasi kesulitan bergaul itu menunjukkan adanya peningkatan karier, kekayaan materi, dan kesejahteraan yang lebih cepat, dibandingkan mereka yang terjebak dalam kebuntuan komunikasi.
Dalam berbagai buku telah disampaikan bahwa kemampuan berbicara memikat menjadi kunci keakraban. Seberapa baik kemampuan dia berbicara, seperti itulah kualitas keakrabannya.
Agar dapat berbicara dengan daya pikat yang tinggi, perhatikan prinsip-prinsip berbicara memikat berikut ini.
1. PANCARKAN KEDEKATAN EMOSI
Membangun kedekatan dengan orang lain itu berhubungan dengan bagaimana Anda berpikir, merasakan emosi serta memancarkannya kepada orang lain. Hal itu merupakan rahasia kenapa Anda bisa cepat bicara leluasa dan nyaman dengan orang lain meskipun orang tersebut baru saja Anda kenal.
Apabila pikiran Anda cuma mengatakan bahwa orang ini baru Anda kenal, maka tidak ada emosi ketersambungan yang Anda pancarkan kepadanya. Coba kalau Anda sudah terlatih menggunakan cara pikir dan perasaan yang selalu dekat dengan orang baru, mungkin keakraban bisa cepat Anda dapatkan.
2. MEMBANGUN BAYANGAN
Untuk mencapai keakraban, maka Anda harus mampu memotivasi diri Anda bahwa Anda bisa membayangkan orang baru itu adalah sudah akrab dengan Anda. Bayangkan seseorang yang sangat dekat secara emosional dengan Anda misalnya ayah, ibu, kakak, adik atau sahabat dekat Anda. Dengan membangun bayangan kedekatan emosional ini maka Anda akan leluasa dan nyaman berbicara.
3. PANCARKAN ENERGI PERSAHABATAN
Ketika akan berbicara, Anda harus berada pada kondisi yang tepat dulu. Anda harus memiliki pola pikir bahwa Anda ini orang yang asyik berteman dengan siapapun sehingga orang lain merasakan hal tersebut. Pancarkan energi itu agar orang lain bisa melihatnya.
Pada gilirannya, orang lain akan menganggap bahwa Anda adalah orang yang memang bersahabat dan enak untuk diajak berbicara. Sederhana saja caranya. Cukup dengan membuka diri Anda terlebih dahulu untuk menerima orang lain.
4. RASAKAN EMOSINYA
Rasakan emosinya yang muncul saat Anda berbicara dengan orang lain. Betapa Anda sangat santai, sangat antusias dan sangat nyaman berbicara dengan mereka di masa lalu atau masa sekarang. Perkuat rasa emosi tersebut dan masukkan dalam memori Anda sampai Anda benar-benar merasakan hal tersebut.
Nikmati rasa itu. Lepaskan dan pancarkan ke orang lain sehingga Anda memiliki konektivitas dengan orang tersebut dan dapat dengan leluasa berbagi cerita dan pendapat.
Latihlah sehingga Anda menjadi mahir berbicara dengan nyaman dan terkoneksi dengan baik. Latihlah selalu agar ketika bertemu teman baru, Anda seolah merasa bertemu dengan teman lama. Latihlah selalu agar Anda mendapatkan sesuatu yang menyenangkan saat berbicara dengan orang lain.
CIPTAKAN DAYA TARIK
Menciptakan dan memancarkan daya tarik dianggap banyak orang sebagai persoalan yang sangat sulit. Daya tarik tidak hanya dipunyai oleh orang yang berwajah cantik atau ganteng. Daya tarik bukan hanya bisa memancar dari orang yang pintar dan orang yang kaya. Jika Anda salah satu orang yang berpikir demikian maka buang saja pikiran Anda.
Setiap orang memiliki potensi untuk menjadi seorang insan yang memiliki daya tarik luar biasa. Daya tarik sendiri dapat diciptakan melalui energi positif yang ada dalam tubuh dan dipancarkan lewat manifestasi sikap dan perilaku. Berikut ini akan diulas tips mengenai cara menciptakan dan memancarkan daya tarik.
1. BERBUAT BAIK TANPA PAMRIH
Teruslah berbuat baik kepada orang lain tanpa pernah mengharapkan imbalan apa pun dari perbuatan baik itu.
Lupakanlah setiap kebaikan yang Anda pernah lakukan untuk orang lain, itu akan melatih keikhlasan hati.
2. MERENDAH AGAR MENJADI TINGGI
Tentu Anda tahu orang yang selalu merendah selalu disenangi orang lain. Berbeda dengan orang yang sombong yang tidak disukai orang lain. Kerendahan hati merupakan cerminan dari tolerasni dan memiliki nilai yang tinggi. Singkirkanlah, sikap untuk selalu ingin membuktikan bahwa kita lebih hebat daripada orang lain.
3. SELALU BAHAGIA DAN CERIA
Buatlah hidup Anda selalu ceria. Tertawa itu sehat. Pada saat tersenyum, otak akan bereaksi dan memproduksi endorphin. sebuah zat alami yang memindahkan rasa sakit. Maka tesenyumlah, karena senyum dapat menebarkan kegembiraan kepada orang lain, senyum juga dapat membuat Anda menjadi lebih rileks.
4. PENAMPILAN SEDERHANA DAN APA ADANYA
Penampilan sederhana dan apa adanya dan tidak pernah melebih-lebihkan penampilan Anda akan memancarkan cahaya daya tarik. Jadilah diri sendiri, karena untuk menciptakan daya tarik kita tidak perlu menjadi orang lain. Ingat, menjadi diri sendiri lebih bernilai daripada menjadi orang lain. Dalam hidup selalu ada kekurangan dan kelebihan, maka jadilah apa adanya.
5. TATA KRAMA YANG TINGGI
Tingkah laku mencerminkan siapa diri kita. Kesopanan dan kebaikan bisa membuat orang lain percaya pada kita. Tata krama dan tingkah laku yang baik akan membuat orang nyaman berada di dekat kita. Tata krama yang tinggi merupakan sumber dari kesenangan, memberikan rasa aman, dan perwujudan dari rasa penghormatan kita kepada orang lain.
6. ANTUSIAS DAN PENUH HASRAT
Perlu Anda ketahui dua hal tersebut sumber yang melahirkan kesuksesan, antusias dan hasrat. Antusias dan hasrat dapat mendatangkan uang, kekuatan dan pengaruh. Yakinlah pada sesuatu apa yang Anda kerjakan. Tumbuhkanlah di setiap pekerjaan dengan rasa cinta. Ini akan menciptakan pribadi yang luar biasa.
7. KEYAKINAN KUAT
Apapun yang sedang Anda pikirkan tentang hidup itu adalah efek yang luar biasa. Maka dari itu, berpikirlah positif, lihatlah diri Anda sebagai pribadi yang menarik. Tanamkan hal itu dalam hati Anda. Maka dengan sendirinya alam akan menarik aura-aura penting untuk menyempurnakan perasaan dan pandangan Anda. Jadilah orang yang selalu ceria, penuh harapan, dan buatlah dunia ini takluk pada Anda.
Demikianlah cara-cara untuk menciptakan dan memancarkan daya tarik yang luar biasa pada diri Anda agar dapat mempengaruhi dan memikat orang lain. Dengan menjalankan cara-cara di atas, Anda akan dikaruniai daya tarik yang tak akan habisnya. Anda akan selalu menjadi pujaan hati setiap orang.
KUASAI CARA BICARA YANG ETIK
Berbicara sering dianggap sebagai persoalan sepele. Akan tetapi, kita jarang sekali dapat berbicara sesuai etika yang baik. Berbicara yang enak di dengar dan mudah dipahami serta tidak melebar keluar topik pembicaraan. Padahal dengan kemampuan tersebut Anda akan terlihat lebih unggul dan memikat.
Agar dapat berbicara sesuai etika, berikut ini dipaparkan cara-cara berbicara yang dapat berpengaruh dan memikat lawan bicara.
1. FOKUS PADA LAWAN BICARA
Dengan fokus pada lawan bicara tentunya lawan bicara akan mudah mendapatkan maksud pembicaraan. Jangan sampai Anda berpaling dari lawan bicara, karena topik akan pecah dan tidak jelas.
2. MENGGUNAKAN SUARA YANG BAIK
Suara yang baik tentunya disesuaikan dengan lawan pembicara. Apabila lawan pembicara adalah orang tua lanjut usia tentunya dengan lirih dan sopan. Sesuaikan lawan bicara, jangan sampai suara Anda menyakitkan hati lawan bicara.
3. JANGAN MENGELUARKAN PERKATAAN YANG TIDAK PANTAS
Lupakan dan jauhkan perkataan kotor dalam bicara Anda. Perkataan kotor biasa akan merusak pembicaraan dengan lawan bicara. Kadang juga nyambung, tetapi efek dari perkataan kotor itu yang mencerminkan pribadi kita di mata lawan bicara.
4. AWALI DAN AKHIRI PEMBICARAAN DENGAN SENYUMAN
Senyuman dapat membuat lawan bicara kita tersipu malu dan baik kepada kita. Lawan bicara belum mengatakan sesuatu tetapi kita sudah memberikan sebuah hadiah yang enak dipandang mata, yaitu "senyuman".
5. BERJABAT TANGAN SESUDAH PEMBICARAAN
Dapat juga dengan berjabat tangan atau meletakkan tangan di atas dada sendiri sebagai isyarat Anda menghargai orang lain sebagaimana Anda menghargai diri sendiri.
Langkah-langkah diatas murni harus Anda lakukan untuk berkomunikasi dengan lawan bicara. Dengan demikian akan meningkatkan daya tarik Anda sehingga Anda cepat dapat menjadi pribadi yang berpengaruh.
PERLIHATKAN KETULUSAN
Orang yang baru kita kenal mungkin segan untuk menyampaikan apa-apa yang ada dalam pikirannya. Padahal, jika kita tidak tahu apa yang dipikirkannya maka kita tidak akan menemukan apapun dari perkenalan itu.
Memberikan dukungan, bukan hanya lewat bantuan material, misalnya uang, tapi juga melalui kata-kata. Sebuah pujian dapat memberikan semangat bagi orang yang hampir patah hati. Membangkitkan antusiasme bagi orang lain, penting. Caranya, kita berbicara sesuai dengan keinginan hati orang tersebut, kita mengikuti alur berpikirnya dan kita mendukungnya melalui ungkapan-ungkapan positif.
Alur berpikir dibentuk melalui kata-kata. Jika kita terbiasa mengungkapkan kata-kata negatif kepada orang lain, hal ini sama dengan memasukkan bibit-bibit penyakit ke dalam pikiran kita sendiri. Setelah sekian lama, kita tanpa sadar akan mematikan daya tarik kita terhadap orang. Siapa yang senang berbicara dengan seseorang yang penuh keluh kesah, yang dari mulutnya hanya keluar umpatan, omelan, caci maki dan kata-kata lain yang membuat merah telinga? Tentu orang-orang akan meninggalkannya.
Bagaimana jika kita tidak tahu apa yang harus dikatakan untuk menyenangkan orang lain? Cara paling sederhana adalah diam dan dengarkan apa yang dikatakannya dengan penuh perhatian. Cara ini merupakan pujian tertinggi yang bisa kita berikan kepada siapapun. Jack Woodford, mengatakan bahwa hanya sedikit manusia yang bertahan terhadap sanjungan yang tersirat dari perhatian yang penuh. Dale Carnegie memberikan tambahan, bukan sekedar memberikan perhatian penuh. Tetapi tulus dalam penerimaan dan murah hati dalam memberi penghargaan itu yang lebih penting.
Isaac F.Marcosson, seorang jurnalis yang mewawancarai ratusan selebritis menyatakan bahwa banyak orang yang gagal dalam membuat kesan yang menyenangkan, karena mereka tidak mendengarkan dengan penuh perhatian. Mereka lebih suka kepada pendengar yang baik, dibandingkan pembicara yang baik, namun kemampuan untuk mendengarkan tampaknya lebih jarang dimiliki, dibandingkan dengan hampir semua ciri baik lainnya.
Memberikan dukungan berarti membiarkan orang lain mencapai tujuannya dengan bantuan sepenuhnya yang bisa kita berikan kepadanya. Kita bisa mendukung orang lain dengan "mendengarkan penuh perhatian" atau berusaha "membangkitkan antusiasme orang lain" melalui ungkapan-ungkapan positif.
BERI PERHATIAN
Apa yang membuat kita bersemangat ketika berbicara dengan orang lain? Jawabnya adalah didengarkan atau diperhatikan. Jika orang lain memperhatikan kita atau menatap wajah kita ketika kita sedang berbicara, maka kita cenderung menjadi bersemangat untuk berbicara.
Tetapi jika orang tersebut menengok kiri kanan, tidak melihat wajah kita, atau tidak mendengarkan apa yang kita katakan. tentu kita akan jengkel dan menghentikan pembicaraan. Untuk apa berbicara jika orang lain tidak mendengarkan, ungkapan itu yang ada dalam pikiran kita.
Alfred Adler mengatakan bahwa individu yang tidak tertarik kepada kawan-kawannya lah yang memiliki kesulitan terbesar dalam hidup dan memberikan luka terbesar pada orang lain. Dari antara para individu tersebutlah semua kegagalan manusia timbul.
Hampir semua ahli yang mendalami dunia komunikasi, seperti penulis, pengkhotbah dan entertainer mengakui pentingnya perhatian pada orang lain sebagai kunci keberhasilan usahanya. Seorang editor kawakan di AS mengatakan bahwa kita harus menaruh minat pada orang lain kalau kita ingin berhasil.
Sebagai editor sebuah majalah terkemuka, dia bisa mengambil yang manapun dari lusinan cerita yang terletak di mejanya setiap hari, kemudian setelah membaca beberapa paragraf, dia sudah bisa merasakan apakah si penulis menyukai orang-orang. Kalau si penulis tidak menyukai orang, orang-orang tidak akan menyukai cerita-ceritanya.
Bagi entertainer seperti Howard Thurston, pesulap yang telah berkeliling dunia, menciptakan ilusi-ilusi, menyihir para penonton dan membuat orang tercengang, rahasia memunculkan daya tarik bagi orang lain, cukup sederhana. Apa itu? Ia menceritakan, setiap kali dia naik panggung dia berkata kepada dirinya, "Saya sangat bersyukur karena orang-orang ini datang kepada saya. Merekalah yang memungkinkan saya mencari uang dengan cara yang sangat saya sukai. Saya akan memberi mereka pertunjukan terbaik yang mampu saya lakukan."
Dia mengakui bahwa dia tidak pernah menginjakkan kaki di depan lampu sorot, tanpa lebih dahulu berkata kepada dirinya berulang-ulang, "Saya mencintai penonton saya. Saya mencintai penonton saya!" Hasilnya sungguh luar biasa, ucapannya itu terpantul kembali pada dirinya berupa penghormatan, penghargaan dan rasa cinta yang luar biasa para penonton atas setiap pertunjukannya.
Cara lain untuk memberikan perhatian antara lain, menyebutkan nama orang lain secara tepat, baik lisan maupun tulisan. Hindarkan memanggil nama yang tidak lazim, atau memberikan embel-embel yang menyiratkan penghinaan atau ejekan.
Nama adalah kata yang paling penting dan bermakna dalam hidup seseorang. Mencatat tanggal lahir teman-teman dekat kita. Berikan ungkapan perhatian pada hari ulang tahun mereka, walaupun hanya sebatas selembar surat atau sekuntum bunga. Ia adalah cara menarik perhatian yang manjur.
BERI PUJIAN
Setiap orang butuh dihargai. Pujian adalah salah satu cara menghargai seseorang yang menjadi lawan bicara kita. Dengan memberikan pujian kepada orang lain maka kita akan membuat orang tersebut merasa dirinya penting.
Orang pada umumnya memang suka dipuji. Pujian adalah kebutuhan dasar seseorang maka janganlah ragu-ragu untuk memberikan pujian. Buatlah orang lain bisa merasa dirinya penting, berharga dan berarti.
Usahakan memuji dengan tulus dan sewajarnya. Berilah pujian jikalau memang ia layak mendapatkan pujian. Jika pujian yang kita berikan tidak sesuai dengan situasi yang sebenarnya, maka kita akan terlihat lebay.
Sampaikan pujian akan hal-hal yang ia sampaikan. Ini akan memudahkan kita menemukan apa yang harus kita puji dari lawan bicara kita. Jika kita keluar dari jalur yang ia bicarakan maka kita akan terkesan mengada-ada.
Jika ia memang sedang kelebihan berat badan, jangan mengatakan kalau ia tampak langsing. Pujian semacam itu malah akan membuat kita dikira tidak jujur, menghina atau ada maksud tertentu. Sampaikan pujian dengan jujur, logis dan perasaan yang tulus. Dengan demikian ia akan semakin nyaman bersama kita.
Pastikan bahwa apa yang kita sampaikan kepadanya tidak akan menyinggungnya. Jika pujian kita berdasarkan pada penampilan fisiknya, maka kita telah memasuki bagian yang sensitif. Hati-hatilah pada bagian ini karena bisa menyinggung perasaannya.
Memuji seseorang juga harus mengetahui kapan waktu yang tepat. Ada beberapa pujian yang tidak tepat diberikan pada waktu tertentu. Pastikan bahwa pujian kita sesuai dengan konteksnya.
Waktu yang tepat untuk memberikan pujian adalah pada saat kita terpikir hal yang positif tentangnya. Jika kita menangkap peristiwa yang baik yang diceritakannya, sampaikan saja pujian kita.
Sebuah pujian bisa memberikan perasaan yang menyenangkan. Pujian membawa perasaan positif bahwa seseorang memperhatikan sesuatu tentang kita yang dianggap pantas mendapatkan pujian. Pujian merupakan komponen penting dalam bersosial dan juga bagian yang penting untuk memulai suatu percakapan.
BUAT DIA MERASA BERHARGA
Penghargaan itu sangat penting. Memberikan penghargaan secara tulus dan menyampaikan secara lugas membuat orang terkesan kepada kita. Kita semua ingin dihargai, kita semua ingin dianggap penting.
Ketika berkomunikasi, ungkapkanlah penghargaan dan penghormatan kita pada orang lain. William James mengatakan, prinsip terdalam pada sifat dasar manusia adalah idaman untuk dihargai. John Dewey juga mengakui bahwa hasrat menjadi penting merupakan desakan terdalam dari sifat dasar manusia.
Kunci ungkapan penghargaan ini adalah kemampuan meletakkan "posisi kemanusiaan" (human being) setiap orang pada tempat tertinggi, dibandingkan atribut lainnya. Penghargaan tidak ada kaitannya dengan atribut jabatan, kekayaan dan status sosial.
Setiap orang punya sisi kemanusiaan, apapun kedudukan dan pekerjaannya. Kita menghargai orang lain, karena ia juga manusia seperti kita, bukan karena ia kaya dan mempunyai jabatan.
Setiap hari, kita dapat menggunakan ungkapan penghargaan ini, kepada siapapun yang kita temui. Kepada tukang sapu jalan, pelayan restoran dan buruh pelabuhan yang setiap hari ada di sekeliling kita. Atau kepada keluarga tercinta, anak-anak, isteri, mertua dan orangtua kita. Juga kepada teman-teman kerja, baik itu direktur maupun staf.
Semuanya memerlukan penghargaan, ungkapan perhatian yang tulus bahwa mereka semua "manusia" terlepas dari atribut-atribut profan lainnya. Kita menghargai tukang sapu jalan, karena ia juga manusia. Kita menghargai buruh, karena ia juga manusia. Begitu pula dengan tukang becak, penjaga kantor, ataupun pelayan restoran.
Jika kita mengatakan, "Maaf telah merepotkan. Saya memesan ayam goreng, bukan ayam panggang", kepada pelayan yang salah mengantarkan pesanan kita di sebuah restoran, membuat segalanya berjalan enak. Mungkin si pelayan mengatakan, "Tidak apa-apa", dan senang hati ia mengganti pesanan itu karena kita menunjukkan sikap menghargai kepadanya.
Tapi, apa yang akan terjadi jika kita langsung berdiri, memaki dan mengumpat dengan kasar? "Pelayan bodoh, tidak tahu diri! Lain dipesan, lain yang diberikan!" Apa yang terjadi? Semuanya menjadi berantakan. Dan yang paling parah, kita telah meninggalkan sakit hati di hati pelayan tersebut, yang akan dibawanya seumur hidup.
Cara kita berbicara akan menunjukkan jati diri kita. Ungkapan kecil seperti, "Maaf telah mengganggu kita", atau "Maukah kita berbaik hati untuk menolong saya", "Terima kasih, kita memang penuh perhatian", dan "Saya tidak bisa melupakan kebaikan Anda", dapat menghilangkan kekakuan dan karatan-karatan emosi yang ada di dalam jiwa kita. Penghargaan orang lain terhadap kehadiran kita akan membuat kita lebih bersemangat untuk memberikan yang terbaik kepada orang lain.
CARA BERBICARA UNTUK MEMPENGARUHI
Prinsip dari berbicara adalah tersampaikannya gagasan sehingga dapat diterima orang lain. Hal ini penting dan berguna untuk kepentingan bisnis, politik, hubungan personal bahkan interaksi sosial agar tertata dengan baik. Apa yang kita harapkan dari komunikasi adalah apa yang kita pikir sebagai hal yang ideal dapat dilakukan oleh orang lain. Oleh sebab itu, dalam bahasa yang agak vulgar, komunikasi seperti ini disebut menaklukkan orang lain.
Dalam menaklukkan orang, perlu kemampuan mempengaruhi. Hal seperti ini dipraktekkan oleh para pemimpin agar terjadi keselarasan dalam perjalanan organisasi, masyarakat dan lain sebagainya. Tidak ada salahnya jika kita menggunakan kemampuan mempengaruhi ini untuk menaklukkan orang.
Cara mempengaruhi orang lain dengan dasar pendekatan komunikasi persuasi dikemukakan banyak ahli dan ilmuwan. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar komunikasi persuasi menjadi lebih efektif.
1. BERIKAN ARGUMENTASI DAN BUKTI
Data dan fakta menjadi bukti argumentatif yang bisa membuat lawan bicara Anda terpengaruh dengan apa yang Anda sampaikan. Orang akan mudah ditaklukkan apabila kita memiliki sederet argumentasi dan bukti yang bisa kita sampaikan kepadanya.
Anda tentu bisa melihat iklan obat yang menyampaikan proses pembuatan obat sehingga obat itu dikatakan manjur untuk mengobati penyakit tertentu. Begitulah proses mempengaruhi dengan menggunakan argumentasi yang berupa data dan fakta.
2. MENAKUT-NAKUTI
Gunakan fenomena yang menakutkan bagi orang lain dengan tujuan mengajak mereka menuruti pesan yang Anda berikan. Misalnya, bila terjadi kejadian luar biasa demam berdarah maka pemerintah dengan pendekatan ketakutan dapat mempersuasi masyarakat untuk mencegah DBD.
3. HUMOR
Gunakan humor atau fantasi yang bersifat lucu dengan tujuan memudahkan masyarakat mengingat pesan karena mempunyai efek emosi yang positif. Contoh, iklan-iklan yang menggunakan bintang komedian atau menggunakan humor yang melekat di hati masyarakat.
4. PILIHAN KATA
Gunakan pilihan kata yang mudah diingat oleh orang dengan tujuan membuat efek emosi positif. Misalnya, "Kita harus maju. Iya, kita. Jangan sampai orang lain mendahului kita." Dengan pilihan kata "kita", dia tidak akan merasa sebagai korban, tetapi sebagai mitra yang akan mendapatkan keuntungan yang sama.
Keempat cara tersebut dapat dikombinasikan sesuai dengan tujuan persuasi Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan humor yang dikombinasikan dengan pilihan kata yang ciamik. Ketika Anda menakut-nakuti orang juga bisa dikombinasikan dengan argumen yang kuat. Mempengaruhi orang memang layak dipelajari agar kita dapat "menaklukkan" hati orang lain.
KELOLA KETIDAKSETUJUAN
Ketika kita berkomunikasi dengan orang lain, sejujurnya mereka tidak berharap kita memperdebatkan apa yang disampaikannya. Mereka berharap, kita dapat menerima ide dan gagasan yang dia ajukan kepada kita. Ya, kebanyakan orang memandang, perdebatan adalah bentuk komunikasi yang menyakitkan hati. Sehingga, banyak orang yang menghindari perdebatan.
Dalam berinteraksi dengan calon mitra bisnis maupun calon pasangan, kita harus bisa menghindari perdebatan. Ya, itu prinsip dalam komunikasi agar hubungan tetap terjalin untuk mendapatkan keuntungan bersama. Orang-orang yang terjun dalam bisnis, orang-orang yang terjun dalam dunia politik, lebih mengedepankan negosiasi daripada perdebatan. Mereka menghindari perdebatan agar hubunga mereka tidak terputus.
Sesungguhnya setiap hari kita tanpa sadar selalu melakukan negosiasi. Negosiasi adalah sesuatu yang kita lakukan setiap saat dan terjadi hampir di setiap aspek kehidupan kita. Negosiasi adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi dan menyelesaikan konflik atau perbedaan kepentingan.
Kita memperoleh apa yang kita inginkan melalui negosiasi. Mulai dari bangun pagi, mungkin kita harus mengambil kesepakatan siapa yang harus menggunakan kamar mandi terlebih dahulu, kemudian apakah sopir harus mengantar isteri Anda atau Anda terlebih dahulu. Demikian pula di kantor, misalnya kita melakukan negosiasi dalam rapat direksi, rapat staf bahkan untuk menentukan dimana akan makan siang kita harus bernegosiasi dengan rekan sekerja kita.
Jadi kita semua pada dasarnya adalah negosiator. Beberapa dari kita melakukannya dengan baik, sedangkan sebagian lagi tidak pernah memenangkan negosiasi. Sebagian kita hanya menjadi pengikut atau selalu mengikuti dan mengakomodasi kepentingan orang lain. Negosiasi dilakukan oleh semua manusia yang berinteraksi dengan manusia lainnya. Mulai dari anak kecil sampai orangtua, semua lapisan dari kalangan sosial terbawah sampai dengan kaum elite di kalangan atas.
Negosiasi dilakukan mulai dari rumah, sekolah, kantor dan semua aspek kehidupan kita. Oleh karena itu penting bagi kita dalam rangka mengembangkan dan mengelola diri, untuk dapat memahami dasar-dasar, prinsip dan teknik-teknik bernegosiasi sehingga kita dapat melakukan negosiasi serta membangun relasi yang jauh lebih efektif dan lebih baik dengan siapa saja.
Kita bernegosiasi dengan siapa saja, mulai dari isteri atau suami, anak, orangtua, bos kita, teman dan relasi bisnis. Dan kegiatan negosiasi kita lakukan setiap saat setiap hari. Negosiasi dapat berupa apa saja-gaji kita, mobil dan rumah yang kita beli, biaya servis mobil, biaya liburan keluarga dan sebagainya.
Negosiasi terjadi ketika kita melihat bahwa orang lain memiliki atau menguasai sesuatu yang kita inginkan. Tetapi sekadar menginginkan tidak cukup. Kita harus melakukan negosiasi untuk mendapatkan apa yang kita inginkan dari pihak lain yang memilikinya dan yang juga mempunyai keinginan atas sesuatu yang kita miliki. Sedangkan agar negosiasi dapat terjadi dengan sukses, kita harus juga bersiap untuk memberikan atau merelakan sesuatu yang bernilai yang dapat kita tukar dengan sesuatu yang kita inginkan tersebut.
Negosiasi memiliki sejumlah karakteristik utama, diantaranya menggunakan cara-cara pertukaran sesuatu, baik berupa tawar menawar (bargain) maupun tukar menukar (barter), selalu berbentuk tatap-muka dan menggunakan bahasa lisan, gerak tubuh maupun ekspresi wajah dan lain sebagainya.
Negosiasi merupakan proses pertukaran konsesi demi keuntungan. Negosiasi memang berisi penawaran-penawaran dan kompromi. Kadang ada pihak-pihak yang terkait harus mengalah sampai suatu batas tertentu. Tapi yang terpenting adalah para pihak harus menemukan win-win solution, sehingga kesepakatan didapat tanpa ada pihak yang merasa inferior atau kalah.
Tujuan utama negosiasi perlu ditetapkan sebelum proses negosiasinya dimulai. Nilai yang ingin ditawar atau yang ditawarkan harus diputuskan di awal diskusi. Tuntutan yang akan diminta dan kompensasi yang siap diberikan harus dipersiapkan dari pertama kali bernegosiasi.
Maka dari itu, pengumpulan data dan informasi dini mutlak dilakukan. Lalu, kita perlu belajar prinsip-prinsip persuasi yang telah terbukti ilmiah. Taktik negosiasi yang utama adalah mengamankan posisi tawar yang lebih unggul. Dengan kuatnya bargaining power, kita akan memiliki jangkauan yang lebih luas dan ruang yang lebih lebar agar lebih leluasa atau fleksibel dalam bernegosiasi.
Negosiasi pada prinsipnya saling mendapatkan keuntungan. Berbeda dengan perdebatan yang selalu mencari kemenangan. Negosiasi diharapkan mampu membawa kebaikan bersama. Jadi, ketika kita mau menjadi orang yang dapat mempengaruhi dan memikat orang lain tanpa harus mengalahkannya, maka kita juga harus pintar bernegosiasi.
JANGAN LUPA MENYAPA
Sapaan itu penting meski terkesan sepele. Terkadang orang lupa melakukannya untuk sekedarnya. Terkadang pula, orang takut menyapa orang lain karena khawatir pada hal-hal tertentu.
Orang takut menyapa biasanya karena kekhawatiran tertentu. Jika menyapa pada perempuan, banyak yang khawatir akan direspons sinis sebab disangka negatif. Jika menyapa atau tersenyum kepada pria, banyak yang khawatir disangka mengidap kelainan.
Bagi orang pendiam memulai menyapa itu hal berat. Latihlah dengan menyapa orang-orang terdekat Anda. Ketika sudah terbiasa menyapa orang terdekat, mulailah menyapa tetangga. Lakukan setiap hari agar terbiasa.
Sapaan hangat bisa dilakukan dengan menyebut nama atau tersenyum. Tersenyum dan memberi sapaan akan membuat Anda terkesan ramah. Dengan Anda tersenyum, orang akan menangkap emosi satu sama lain.
Tidak hanya itu, ketika Anda tersenyum hal tersebut akan memancing lawan bicara Anda untuk tersenyum balik. Ini adalah awal komunikasi yang baik. Anda pun tak akan canggung untuk memulai percakapan pada sesi selanjutnya.
Penelitian menunjukkan bahwa senyuman dapat mengangkat suasana hati Anda. Jadi, biarpun hanya menyelipkan sedikit senyuman untuk orang lain, kemungkinan Anda untuk mendapatkan senyuman balik sangatlah besar. Ini akan membuat Anda merasa lebih baik, begitupun dengan orang-orang di sekitar Anda.
Selain tersenyum, sapaan dengan memanggil nama juga menunjukkan kehangatan. Nama adalah milik berharga yang bersifat sangat pribadi. Umumnya orang tidak suka bila namanya disebut secara salah atau sembarangan.
Jika Anda ragu, tanyakanlah bagaimana melafalkan namanya dengan benar. Misalnya, orang yang dipanggil Wilyem itu ditulisnya William atau Wilhem? Sementara bicara, sebutlah namanya sesering mungkin. Menyebut Andre lebih baik dibandingkan Anda. Pak Peter lebih enak kedengarannya daripada sekadar Bapak.
Hormatilah orang yang berinteraksi dengan Anda. Ketika Anda menghormati dia, maka dia akan menghormati Anda. Sapalah dengan sapaan yang penuh rasa menghargai. Tidak perlu basa-basi, lakukan dengan tulus dan tetap menjaga kesopanan.
Sapaan-sapaan seperti ini akan lebih mengakrabkan. Senyuman dan memanggil nama akan mendekatkan emosi Anda dengan dia. Selama berbicara dan berinteraksi dengan dia, sebaiknya Anda selalu melakukan hal tersebut.
CIPTAKAN KENYAMANAN
Syarat penting dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang adalah keamanan dan kenyamanan. Jika seseorang merasa aman dan nyaman bersama Anda, maka apapun akan ia berikan kepada Anda. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa seseorang akan terkesan pada Anda jika Anda mampu membuatnya ia nyaman.
Ada cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat orang lain nyaman bersama Anda. Berikut ini akan diuraikan beberapa cara tersebut.
1. RASAKAN EMOSINYA
Rasakan emosinya yang muncul saat Anda berbicara dengan orang. Perkuat emosi tersebut dan masukkan dalam memori Anda sampai Anda benar-benar merasakan hal tersebut.
2. BANGUN KEDEKATAN EMOSI
Membangun kedekatan dengan orang lain itu berhubungan dengan bagaimana Anda berpikir, merasakan emosinya serta memancarkannya kepadanya. Hal itu merupakan rahasia kenapa Anda nyaman dengan orang lain meskipun orang tersebut baru saja Anda kenal. Jika pikiran Anda mengatakan bahwa orang ini baru Anda kenal, maka tidak ada ketersambungan emosi yang Anda pancarkan kepadanya.
3. MEMBANGUN MOTIVASI
Untuk membuat orang lain nyaman, maka Anda harus mampu memotivasi diri Anda bahwa Anda bisa membuatnya nyaman. Dengan membangun kedekatan emosional ini maka akan lekas tercapai kata nyaman tersebut.
4. PANCARKAN ENERGI PERSAHABATAN
Energi persahabatan begitu penting untuk membuat orang lain aman dan nyaman bersama Anda. Anda harus memiliki pola pikir bahwa Anda ini orang yang asyik berteman dengan siapapun sehingga orang lain merasakan hal tersebut. Pancarkan energi itu agar orang lain bisa melihatnya.
Lepaskan dan pancarkan energi Anda ke orang lain sehingga Anda memiliki konektivitas dengan orang tersebut. Tidak peduli ia baru Anda kenal beberapa menit yang lalu, energi Anda itu akan dengan cepat mengalir kepadanya. Dengan demikian, ia akan merasa aman dan nyaman bersama Anda.
TEMUKAN PERSAMAAN
Kebanyakan orang merasa kesulitan untuk cepat akrab dengan orang yang baru dikenalnya. Orang baru itu selalu membuat ketidaknyamanan baik dalam interaksi maupun berkomunikasi. Masalah ini sebenarnya sangat klasik sekali dan sebenarnya mudah untuk diatasi.
Mudah bergaul atau bisa menempatkan diri di lingkungan baru memang bukan persoalan mudah bagi sebagian orang. Apalagi berkenalan dengan orang baru dan membuat mereka seperti sudah lama mengenal Anda.
Kemampuan adaptasi dengan cepat adalah kunci agar kita cepat akrab dengan orang yang baru kita kenal. Kemampuan adaptasi ini didukung oleh beberapa hal yang ada dalam diri kita. Salah satunya adalah mampu mengkomunikasikan persamaan.
Dua orang yang berdialog dengan sangat akrab dan asyik cenderung menemukan persamaan dalam dirinya. Ini artinya, orang sebenarnya lebih menyukai orang lain yang punya kesamaan atau satu minat. Sesungguhnya, persamaan dan kebersamaanlah yang menghasilkan rasa suka. Rasa suka itulah yang mengundang rasa suka.
Ketika Anda berbicara dengan orang yang pertama kali Anda kenal, alangkah lebih baik untuk membicarakan sesuatu yang sama-sama Anda berdua sukai. Perlu diketahui bahwa orang-orang yang sama-sama menjalani situasi hidup tak menentu cenderung menjalin ikatan yang mendalam. Sebagai contoh, para tentara di peperangan atau sekelompok pejuang biasanya mengembangkan persahabatan yang kuat.
Menemukan persamaan antara Anda dengan orang yang baru Anda kenal bisa dimulai dengan membincangkan topik ringan. Anda tidak perlu gugup, rileks dan jadilah diri sendiri saja.
Topik pembicaraan yang ringan akan memudahkan Anda untuk menemukan kesamaan berpikir atau cara pandang. Dari membicarakan topik yang ringan ini maka pembicaraan dapat meluas dengan sendirinya.
Hal terpenting saat menemukan orang baru adalah memulai mengajalnya berbincang. Tidak peduli seberapa singkatnya percakapan tersebut akan menentukan apakah Anda akan dapat akrab dengannya atau tidak. Syarat untuk memulai percakapan adalah Anda meyakini bahwa dengan mendapatkan teman baru maka suatu saat nanti akan membuka banyak kesempatan untuk Anda.
ANTISIPASI KEGAGALAN KOMUNIKASI
Orang kadang tidak memperhatikan cara berkomunikasi. Kesadaran akan cara berbicara yang benar ini sangat rendah. Bukan hanya soal etika, tetapi bagaimana pesan tersampaikan dengan baik saja masih susah dilakukan. Oleh sebab itu, cara berbicara ini sampai dipelajari di pendidikan tinggi.
Kegagalan komunikasi biasanya menyebabkan kesalahpahaman yang bisa menyebabkan pertengkaran. Kalau kita mau pembicaraan kita tidak ada kesalahpahaman, maka hindarilah penyebab kegagalan komunikasi. Berikut ini beberapa faktor penyebab terjadinya kegagalan komunikasi.
1. PENYAMPAIAN YANG BURUK
Kunci terjalinnya komunikasi adalah apa yang disampaikan itu benar-benar diterima oleh lawan bicara. Jika pesan tidak sampai, maka komunikasi seperti itu adalah komunikasi yang buruk.
Kesalahan penyampaian biasanya terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya, penyampaian yang terburu-buru. Usahakan memperlambat kecepatan bicara agar lawan bicara lebih mudah mendengarkan dan menangkap maksud kita.
Selain itu, ketika berbicara artikulasi kita harus jelas. Jangan seperti bergumam. Libatkan emosi dalam suara agar tidak terkesan monoton. Kalau perlu, gunakan jeda agar pemahaman lawan bicara semakin baik atas maksud ujaran kita.
2. TIDAK MAU MENDENGARKAN
Kita tahu, tidak banyak orang yang mau menjadi pendengar yang baik. Padahal, sebuah pembicaraan harus terjadi dialog agar tidak buntu. Ego yang tinggi menghalangi seseorang untuk mendengarkan. Ia memaksa orang untuk berbicara terus menerus, dan orang lebih sering menurutinya.
Ketika kita sedang berhadapan dengan lawan bicara, maka wajib bagi kita menekan ego kita. Dengan begitu kita akan dapat mendengarkan secara sungguh-sungguh apa yang orang lain katakan. Ketika kita mengambil sikap untuk mulai mendengarkan, maka kita sedang membuka jalan untuk terciptanya suatu hubungan yang sangat potensial.
3. TIDAK MERESPONS DENGAN BAIK
Perbincangan akan berlanjut lebih asyik jika respons kita menunjukkan antusiasme. Jika seseorang bercerita tentang pengalamannya, jangan sekedar mengangguk atau menjawab dengan kalimat singkat. Terbukalah dan katakan apa yang kita pikirkan. Ekspresikan perasaan dengan penuh antusiasme.
4. TERLALU BANYAK BERTANYA
Meskipun bertanya adalah bagian antusiasme dalam sebuah dialog, akan tetapi terlalu banyak bertanya adalah sikap yang egois. Terlalu banyak bertanya menyebabkan kita seperti sedang menginterogasi lawan bicara yang dapat membuat mereka menjadi tidak nyaman.
Dalam dialog, yang terpenting adalah terbangunnya pernyataan dan pertanyaan. Gabungkan antara pernyataan dan pertanyaan sehingga dialog benar-benar hidup dan hubungan dapat terjalin dengan akrab. Misalnya, kita menyatakan, "Kemarin tidak ada yang datang kesini. Kapan Anda terakhir kali datang ke sini?"
5. KEHABISAN TOPIK
Topik adalah bahan utama yang akan dibahas dalam perbincangan. Namun, orang sering kehabisan topik untuk dibicarakan dengan lawan bicaranya. Tentu saja, hal ini akan sangat mengganggu hubungan. Jeda terlalu lama pada perbincangan akan menghancurkan potensi hubungan.
Jika kita kehilangan topik, maka usahakan untuk membicarakan tentang sesuatu yang berada di sekeliling kita. Mungkin tentang cuaca, iklim atau apapun saja yang memungkinkan untuk dibicarakan.
6. MEMOTONG PEMBICARAAN
Hal paling buruk bagi orang yang sedang berbincang-bincang adalah memotong pembicaraan. Jika kita melakukan itu, maka lawan bicara kita pun akan merasakan ketidaknyamanan. Biarkan lawan bicara kita menghabiskan terlebih dahulu apa yang ingin disampaikan. Itu adalah salah satu bentuk penghargaan kita pada lawan bicara. Carilah keseimbangan antara mendengarkan dan berbicara.
7. MERASA SELALU BENAR
Orang tidak akan terkesan jika kita selalu ingin merasa benar dalam setiap pembicaraan. Seringkali pembicaraan bukan betul-betul sebuah diskusi. Malah terdengar seperti ceramah agama atau pembacaan putusan hakim. Orang akan jengah dengan sikap kita tersebut. Maka, sebaiknya kita harus memberi waktu kepada lawan bicara untuk menyampaikan argumentasinya. Usahakan, kita menerima argumentasi tersebut tanpa memperdebatkannya.
8. BERBICARA TENTANG SESUATU YANG ANEH
Topik pembicaraan yang harus kita hindari adalah membicarakan sesuatu yang aneh atau sesuatu yang negatif. Tidak pantas kita membicarakan penyakit gatal-gatal yang ada di pantat kita, misalnya. Sebaiknya, bicarakan yang baik-baik, bicarakan tema-teman yang positif.
Tidak akan ada manfaatnya berbicara sesuatu yang aneh atau sesuatu yang negatif seperti itu. Orang-orang akan senang berbicara kepada kita jika kita selalu memberikan energi positif dalam setiap kata-kata yang kita keluarkan.
9. MEMBOSANKAN
Bercerita panjang-panjang tentang mobil yang baru kita beli atau rumah yang baru saja selesai dibangun akan membuat alwan bicara merasa bosan. Rata-rata orang tidak terlalu tertarik dengan cerita semacam itul cerita yang terlalu mengekspose kemampuan diri. Carilah topik yang mengarah pada hal-hal yang bergairah atau hal-hal yang lucu.
Jika kita pernah melakukan kesalahan-kesalahan yang menggagalkan komunikasi seperti disebut diatas, maka mulai sekarang kita harus menghindarinya. Memang terasa agak sulit melakukan sekaligus, namun kita bisa memperbaiki selangkah demi selangkah. Dengan kemampuan baru ini, tentu kita akan semakin unggul, tangguh, berpengaruh dan memikat.
SEMPURNA KOMUNIKASI
Dalam berkomunikasi baik dengan orang yang baru Anda kenal atau lawan Anda, gunakanlah hati nurani. Hati Anda perlu dihidupkan karena setiap orang tidak hanya memiliki akal rasionalitas. Dia juga punya hati yang berfungsi untuk merasakan dan menimbang sesuatu.
Kata-kata adalah cerminan isi hati seseorang. Setiap orang berpeluang untuk menginterpretasi setiap pesan yang Anda produksi dan komunikasikan. Untuk itu sesungguhnya kata-kata atau sikap adalah informasi tentang diri Anda, tentang siapa Anda dan bagaimana karakter Anda. Sebuah pesan akan membangun citra diri Anda.
Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk berkomunikasi dengan sempurna adalah dengan membangun kepekaan atau sensitivitas diri Anda terhadap sikap-sikap orang lain. Dengan mencermati bahasa tubuh orang lain saat dia berinteraksi dengan Anda.
Sikap-sikap bahasa tubuh tersebut menjelaskan tentang apa yang sedang terjadi dalam pikirannya saat berkomunikasi dengan Anda. Hal ini karena bahasa tubuh adalah sebagai penjelas dan peneguh atas pesan-pesan verbal yang diproduksi oleh seseorang.
Kemudian perlihatkan kepedulian Anda pada hal-hal sekecil apapun yang dilakukannya. Misalkan pada saat dia sedang membutuhkan sesuatu, maka tanyakan dan penuhilah kebutuhannya tanpa harus dia memintanya. Karena dengan hal seperti ini Anda akan dapat mempengaruhi orang lain berdasarkan kebutuhan dia.
Sesudah itu, optimalkan indra Anda dalam mengamati sikap dan tindakan komunikasinya. Dengarkan dengan penuh antusias setiap apa yang disampaikannya. Perhatikan dan cermati dengan teliti sikap dan bahasa tubuh yang disampaikan.
Berkomunikasi dengan sempurna membutuhkan kesediaan untuk mendengarkan orang lain dengan lebih baik. Kemampuan mendengarkan adalah kemampuan pertama yang harusnya Anda miliki.
Tidak sedikit orang pandai berbicara namun memiliki kemampuan yang rendah dalam mendengarkan. Hal inilah yang akan mengakibatkan pada tingkat simpati yang diberikan orang lain terhadap dirinya menjadi lemah.
Berkomunikasi dengan sempurna juga mengandalkan sikap, pilihan kata, cara bertutur dan waktu mengucapkan atau waktu Anda menggerakkan tubuh. Ini perlu latihan agar pada saat Anda menjalin komunikasi tidak terlihat kaku. Respons Anda akan terlihat alamiah dan menyenangkan.
35 CARA PRAKTIS MENJADI PRIIBADI UNGGUL, TANGGUH, BERPENGARUH DAN MEMIKAT
Kita pasti lebih memilih seseorang yang menyenangkan untuk menjadi teman bahkan kekasih daripada seseorang yang menyebalkan. Demikian pula dengan orang lain, dia tentu mengharapkan bertemu seseorang yang menyenangkan daripada bertemu dengan orang yang menyebalkan.
Dengan demikian, menjadi orang yang menyenangkan lebih baik daripada menjadi orang yang menyebalkan. Kesadaran itu memang sering muncul pada diri kita. Akan tetapi, kita sering tidak tahu hal apa saja yang membuat diri kita begitu menyenangkan atau menyebalkan bagi orang lain. Sikap atau tindakan yang menurut kita benar, belum tentu dinilai orang lain sama.
Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam berhubungan dengan orang lain adalah harga diri. Begitu pentingnya harga diri, sehingga tidak sedikit orang yang mempertaruhkan nyawanya demi mempertahankan harga dirinya. Selain itu, kurang lebih ada 35 tipe penting agar menjadi orang yang menyenangkan dan disukai banyak orang.
1. SUKA TERSENYUM
Murah senyum pada semua orang adalah tips pertama yang bisa diaplikasikan. Semua orang tahu bahwa senyum ini bisa membuat Anda tampak menyenangkan bagi orang lain. Tersenyum itu dapat membangkitkan kebahagiaan secara tiba-tiba. Senyuman yang manis akan mempererat hubungan antara dua orang atau lebih.
2. TAMPILAN BAHAGIA
Selalu tampak bahagia bukan berarti Anda memamerkan apa yang telah Anda dapatkan. Menampilkan kebahagiaan adalah wajah yang selalu sumringah penuh senyum dan kedamaian. Meskipun ada masalah, jangan tampak murung atau sedih. Tunjukkan semangat bahwa kehidupan yang sedang dijalani adalah suatu kenikmatan.
3. TAMPILAN MENARIK
Penampilan menarik sesuai keadaan sekitar sangat diperlukan untuk menjadi orang yang menyenangkan. Jika penampilan Anda masih kurang menarik, maka perbaiki penampilan Anda. Penampilan menarik bukan berarti harus mengenakan pakaian dan aksesoris berharga mahal. Menarik bisa didapat dari kerapian, kebersihan dan bau yang segar.
Penampilan juga harus disesuaikan keadaan dan situasi agar tidak tampak berlebihan. Misalnya, pada acara rapat kantor, mengenakan setelah pesta tentu tidak pas. Dengan demikian, penampilan menarik itu juga harus menyesuaikan dengan tema.
4. SIKAP PEDULI
Tips selanjutnya adalah mengenai kepedulian. Kepedulian dengan apa yang terjadi pada orang lain merupakan sikap penting untuk menjadi orang yang menyenangkan dan disukai orang. Kepedulian terhadap orang lain dapat diaplikasikan dalam bentuk tolong menolong kepada pihak yang membutuhkan. Mencarikan solusi atas permasalahan yang dihadapi orang lain juga termasuk dalam sikap peduli.
5. PENDENGAR YANG BAIK
Menjadi pendengar yang baik lebih mulia dari diam apalagi banyak bicara. Pendengar yang baik adalah pribadi yang dibutuhkan dan disukai oleh semua orang. Berilah kesempatan kepada orang lain untuk bicara, ajukan pertanyaan dan buat dia bergairah untuk terus bicara. Dengarkanlah dengan antusias, dan jangan menilai atau menasihatinya bila tidak diminta.
Perhatikan dengan baik ketika orang lain mengatakan sesuatu. Meski hanya dengan menganggukkan kepala, setidaknya tampak memperhatikan dan tidak bersikap cuek terhadap apa yang dia utarakan.
6. SIKAP RAMAH
Semua orang senang bila diperlakukan dengan ramah. Keramahan membuat orang lain merasa diterima dan dihargai. Keramahan membuat orang merasa betah berada di dekat Anda.
Orang lain sangat butuh dihargai keberadaannya. Oleh sebab itu, tunjukkan rasa hormat ketika memberikan sapaan kepada seseorang. Hal ini tentu saja menjadi cara terpenting untuk bisa menjadi orang yang menyenangkan.
7. TIDAK SUKA MENGGUNJING
Berbicara panjang lebar mengenai hal yang bermanfaat bagi orang lain itu penting dan baik untuk dilakukan. Akan tetapi, menggunjingkan atau membicarakan keburukan orang lain itu sangat tidak baik. Kalau memang perlu menjelaskan kekurangan orang lain, seperti ketika menjadi saksi persidangan, sebaiknya diusahakan seobyektif mungkin dan seperlunya saja.
8. SUKA BERBAUR
Tips selanjutnya untuk menjadi orang yang menyenangkan dan disukai orang adalah suka berbaur dan berkumpul, terutama dengan masyarakat sekitar. Libatkan diri Anda pada acara-acara tertentu. Jangan terlalu menutup diri terutama pada orang-orang tetangga atau rekan kerja.
9. RENDAH HATI
Untuk menjadi orang menyenangkan, Anda harus memiliki sifat rendah hati dan tidak menyombongkan diri. Sikap sombong tidak membuat orang lain merasa senang. Sebaiknya, sikap rendah hati harus dikembangkan dalam pergaulan.
10. SIKAP MENGALAH
Sikap mengalah bukan berarti kalah. Sering mengalah akan menjadikan Anda orang yang menyenangkan. Toleransi sikap mengalah harus ada. Misalnya, dalam keadaan tertentu yang dapat merugikan, Anda tidak perlu melakukan sikap ini. Mengalah harus pada batas kewajaran.
11. ANGGAP ORANG LAIN PENTING
Tunjukkanlah dengan sikap dan ucapan bahwa Anda menganggap orang lain itu penting. Misalnya, jangan biarkan orang lain menunggu terlalu lama, meminta maaf bila salah,tepatilah janji dan lain sebagainya.
12. PERCAYA DIRI
Sikap percaya diri dalam keadaan apapun sangat penting. Jangan malu atau minder dengan apa yang ada pada diri sendiri. Percaya diri bukanlah sikap yang tanpa dasar pemikiran atas kemampuan Anda. Percaya diri harus ditunjang dengan kemampuan diri.
13. JUJUR
Untuk menjadi orang yang menyenangkan dan disukai banyak orang harus memiliki sifat yang jujur dan tidak suka berbohong. Menjadi orang yang jujur bukanlah tindakan yang buruk. Selain bisa menjadi orang yang menyenangkan, kejujuran juga bisa membuat orang yakin dan percaya terhadap apa yang Anda bicarakan atau tunjukkan.
14. JANGAN SELALU MENGELUH
Keluhan biasanya dijadikan pelampiasan seseorang atas penderitaan yang dia rasakan. Orang yang selalu mengeluh bisa menjadi pemurung dan pemarah. Rasa tidak puas akan menguasai dirinya padahal tanpa usaha apa-apa. Untuk menghilangkan sikap buruk ini kita harus selalu bersikap optimis. Dengan optimisme, kita akan menemukan jalan yang lebih cerah.
15. CINTAILAH DIRI SENDIRI
Mencintai diri sendiri berarti menerima diri apa adanya, menyukai dan melakukan apapun yang terbaik untuk diri sendiri. Ini berbeda dengan egois yang berarti mementingkan diri sendiri atau egosentris yang berarti berpusat kepada diri sendiri. Semakin Anda menyukai diri sendiri, semakin mudah Anda menyukai orang lain, maka semakin besar peluang Anda untuk disukai orang lain.
Dengan menerima dan menyukai diri sendiri, Anda akan mudah menyesuaikan diri dengan orang lain, menerima mereka dengan segala kekurangan dan keterbatasannya, bekerja sama dengan mereka dan menyukai mereka. Pada saat yang sama tanpa disadari Anda memancarkan pesona pribadi yang bisa membuat orang lain menyukai Anda.
16. MENGHARGAI DIRI SENDIRI
Menghargai diri sendiri itu penting abagi setiap orang. Dengan menghargai diri sendiri, seseorang tidak akan menjerumuskan dirinya pada perbuatan-perbuatan nista.Karena terhindar dari perbuatan nista maka seseorang itu akan menjadi orang yang menyenangkan dan disukai banyak orang.
17. MENGHARGAI ORANG LAIN
Dengan menghargai diri sendiri, maka kita akan dengan mudah bisa menghargai orang lain. Tidak peduli dia orang miskin, jelek, kecil, kita tetap menghargai bahwa dia adalah seorang manusia. Pantas diperlakukan sama dan dihargai selayaknya orang-orang pada umumnya.
18. DAPAT MENYESUAIKAN DIRI
Kemampuan menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi penting untuk kita kuasai. Kemampuan ini akan memudahkan kita memasuki lingkungan yang baru. Dengan kemudahan memasuki lingkungan baru, maka kita akan diberi kemudahan bergaul dengan orang lain. Orang yang mudah bergaul pasti disukai banyak orang.
19. SIKAP SOPAN DAN SANTUN
Tindakan dan sikap yang sopan dan santun merupakan ciri orang yang rendah hati dan menghargai orang lain. Sopan santun juga mengindikasikan bahwa pelakunya memiliki kepribadian yang baik. Orang yang memiliki kepribadian yang baik tentu saja akan disukai banyak orang.
20. MEMBUKA DIRI
Tips selanjutnya untuk menjadi orang yang menyenangkan dan disukai banyak orang adalah berani membuka diri. Dalam hal ini, lebih bersikap terbuka bagi orang lain dan tidak menutup diri dari kehidupan luar. Membuka diri adalah sikap yang ditunjukkan dengan mudah bergaul dengan orang lain.
21. BERPIKIR DAN BERSIKAP POSITIF
Selalu berpikir dan bersikap positif penting untuk dilakukan bagi kita yang ingin menjadi orang yang menyenangkan. Orang lain akan merasa senang karena cara pandang positif kita terhadap peristiwa maupun persoalan. Dengan berpikir dan bersikap positif, kita tidak dianggap orang yang suka menggunjing, suka menyalahkan dan sikap buruk lainnya.
22. JANGAN EGOIS
Egois adalah sikap ingin menang sendiri. Banyak orang yang tidak suka dengan orang yang egois. Mereka lebih mementingkan diri sendiri daripada orang lain. Oleh sebab itu, orang-orang akan memilih menghindari seseorang yang egois.
23. MANDIRI
Kemandirian menunjukkan bahwa kita memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengarahkan diri sendiri. Kemandirian adalah sikap yang tidak menggantungkan segala kebutuhan kepada orang lain. Kita harus bisa menjadi orang yang mandiri dan tidak terlalu bergantung pada orang lain. Dengan demikian, kita bisa mengurus banyak hal sendiri dengan baik.
24. BERTANGGUNG JAWAB
Agar jadi orang yang menyenangkan bagi orang lain, jadilah orang yang bisa bertanggung jawab. Sikap bertanggung jawab jelas berpengaruh besar terhadap pandangan orang sekitar kita. Dengan menjadi orang yang bertanggung jawab bisa dijadikan cara untuk membuat diri sendiri jadi orang yang menyenangkan.
25. JANGAN SUKA MENCELA DAN MENGANGGAP REMEH
Umumnya orang tidak suka bila kelemahannya diketahui oleh orang lain, apalagi dipermalukan. Tindakan mencela orang lain itu langsung menyerang ke pusat harga diri dan bisa membuat orang mempertahankan diri dengan sikap yang tidak bersahabat. Oleh sebab itu, tindakan seperti ini akan menimbulkan konflik. Sehingga, kita harus menghindari mencela dan menganggap remeh orang lain.
26. SENANG BERBAGI
Jangan malas untuk berbagi. Apapun bentuknya wajib melakukan hal ini jika ingin jadi orang yang menyenangkan. Tidak harus berupa barang, ilmu atau pengalaman pribadi juga termasuk hal yang bisa dibagi kepada orang lain.
27. SUKA MEMUJI
Pujian itu seperti air segar yang bisa menawarkan rasa haus manusia akan penghargaan. Kalau Anda selalu siap membagikan air segar itu kepada orang lain, Anda berada pada posisi yang strategis untuk disukai oleh orang lain.
Anda akan sulit memuji seseorang jika di dalam hati Anda selalu ada rasa bangga pada diri sendiri yang berlebihan. Orang yang seperti ini biasanya tidak mudah mendapatkan teman. Oleh karenanya, batasi rasa bangga Anda terhadap diri sendiri agar jangan sampai membuat Anda enggan mengakui kehebatan orang lain.
28. MENGINGAT DAN MENYEBUT NAMA TEMAN DENGAN BENAR
Nama adalah milik berharga yang bersifat sangat pribadi. Umumnya orang tidak suka bila namanya disebut secara salah atau sembarangan. Kalau ragu, tanyakanlah bagaimana melafalkan dan menulis namanya dengan benar.
29. BERMURAH HATI
Anda tidak akan menjadi miskin karena memberi dan tidak akan kekurangan karena berbagi. Orang bijak menyatakan bahwa orang yang murah hati berbuat baik kepada dirinya sendiri. Dengan demikian, kemurahan hati di satu sisi baik buat Anda, dan di sisi lain berguna bagi orang lain.
30. BERSIKAP ASERTIF
Orang yang disukai bukanlah orang yang selalu berkata "ya", tetapi orang yang bisa berkata "tidak" di saat yang tepat. Sewaktu-waktu bisa saja prinsip atau pendapat Anda berseberangan dengan orang lain. Anda tidak harus menyesuaikan diri atau memaksakan mereka menyesuaikan diri dengan Anda.
Jangan takut untuk berbeda dengan orang lain. Yang penting perbedaan itu tidak menimbulkan konflik, tapi menimbulkan sikap saling pengertian. Sikap asertif selalu lebih dihargai.
31. PERLAKUKAN ORANG LAIN SEBAGAIMANA ORANG LAIN MEMPERLAKUKAN ANDA
Perlakuan apapun yang Anda inginkan dari orang lain yang dapat menyenangkan hati, itulah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Anda harus mengambil inisiatif untuk memulainya. Misalnya, bila ingin diperhatikan, mulailah memberi perhatian. Bila ingin dihargai, mulailah menghargai orang lain.
32. TUNJUKKAN MINAT TERHADAP ORANG LAIN
Orang yang perhatian kepada sesama selalu dianggap lebih menarik daripada yang cuek dan tidak mau tau masalah orang lain. Anda harus berusaha membangun hubungan yang baik dengan orang lain dengan memulai obrolan-obrolan kecil dan menyampaikan respons yang antusias pada lawan bicara Anda.
33. KONTAK MATA
Semua orang ingin merasa dihargai saat sedang berbincang-bincang. Salah satu caranya adalah dengan selalu melakukan kontak mata untuk menunjukkan ketulusan hati. Lawan bicara Anda akan merasa lebih nyaman dalam berinteraksi dengan Anda.
34. TEPAT WAKTU
Anda tentu merasa tidak suka ketika harus menunggu orang yang datang terlambat selama berjam-jam. Maka dari itu, jangan lakukan hal tersebut kepada orang lain. Memang akan selalu ada halangan di jalan yang membuat Anda datang terlambat. Namun, Anda harus selalu mengusahakan untuk bisa datang tepat waktu.
35. BEREMPATI DENGAN TULUS
Saat ada orang yang kesusahan, Anda harus menunjukkan keinginan diri untuk menolong, karena itulah manfaat orang lain untuk Anda. Jangan sampai Anda merasa tidak perlu untuk menolong orang lain karena berpikir toh Anda juga tidak pernah membutuhkan bantuan dia.
Ketigapuluhlima tips-trik jitu menjadi orang yang menyenangkan dan disukai banyak orang di atas hanya akan menjadi kata-kata kosong apabila tidak dilaksanakan. Nasihat sehebat apapun tidak akan bermanfaat apabila tidak dijalani.
Untuk memudahkan mengaplikasikan tips-trik jitu di atas dalam kehidupan, pilihlah 3 tips-trik yang perlu Anda lakukan. Praktekkan dalam satu minggu, maka Anda akan menemukan perubahan besar dalam hidup Anda. Setelah, mampu melaksanakan tiga tips-trik tersebut, maka tambahlah dengan tips-trik lainnya sehingga nantinya Anda benar-benar bisa mempraktekkan semua tips-trik diatas dengan sempurna.
Comments
Post a Comment